[Review] “First Step” by CNBLUE

Sebelumnya saya katakan di awal ya, postinga kali ini berisi hasil translate-an saya dari salah satu artikel dari Rowdyruff di website allkpop.com,  silahkan disimak…🙂

Dari semenjak CNBLUE debut di awal tahun 2010, band beranggotakan 4 orang ini telah mengejutkan industri musik K-pop dengan musik mereka yang segar, gaya rock yg keras namun lembut.

Meskipun telah mencicipi sedikit kepopuleran sebagai bintang di Jepang, namun untuk di Korea kepopuleran mereka banyak terbantu dengan debut akting Sang Leader Jung Yonghwa di drama popular yg berjudul You’re Beautiful. Yonghwa memperlihatkan akting yang mempesona sebagai Kang Shin Woo (personel dari band fiksi, A.N. JELL) bersama Park Shin Hye, Jang Geun Suk dan Lee Hong Ki yang telah lebih dahulu memiliki pengalaman akting.

Setelah You’re Beautiful selesai syuting di akhir Desember 2009, kehidupan Jung Yonghwa kembali ke kehidupan nyatanya sebagai leader dari CNBLUE. Ia dan seluruh member dari CNBLUE (Jonghyun, Jungshin dan Minhyuk) kembali berkutat dengan instrument musik mereka dan menggebrak panggung untuk memulai karir mereka di industri musik K-pop.

Mini album berbahasa Korea pertama CNBLUE, Bluetory, memperkenalkan musik rock mereka yang lebih mellow dan lembut, sepintas lalu terdengar seperti musik Maroon 5 di lagu “Harder To Breathe” dan “This Love”. Lalu lewat mini album kedua mereka yang berjudul Blue Love, mereka kembali menyajikan musik yg segar, namun kali ini lebih terdengar lembut dan penuh cinta seperti di lagu “Love Light” dan lagu mereka yg populer di musim panas tahun 2010 kemarin “Love”.

Ditahun 2011, mereka kembali menggebrak dunia musik K-Pop. Kali ini, mereka hadir dengan full album pertama mereka yang diberi judul “First Step”, dengan single andalan “Intuition”

Berikut ini track list dari album “First Step”:

01 직감 (Intuition)
02 Love Girl
03 Imagine
04 I Don’t Know Why
05 Love Rides The Rain
06 Lie
07 One Time
08 Just Please
09 Wanna Be Like U
10 Ready N Go
11 Thank You
12 One Of A Kind

Sama dengan single andalan mereka di mini album pertama “I’m A Loner” dan di mini album kedua “Love”, persamaan tersebut tidak hanya terdapat pada raungan pada lagu “Intuition” (terutama dapat dikenali dari arransement lagunya).

Ini kedua kalinya CNBLUE merilis single yang mempunyai bunyi sekeras “I’m a Loner” yang relative lebih keras dari lagu-lagu mereka yang lainnya.

Dalam lagu “Intuition”, CNBLUE masih konsisten dengan arransemen yang sederhana dan ‘deep deep dah dee doo’ (A/N ini maksudnya semacam humming atau ‘la la la’ gitu deh, kalo bahasa music-nya mah verse) yang terlihat seperti penambahan yg kurang progressive pada pengulangannya dan lebih banyak menghasilkan efek “nakal” pada format repackage-nya yang sebelumnya telah berhasil membawa mereka ke posisi kepopuleran seperti sekarang ini. Pengaruh “rock”, penambahan rap yang samar-samar, dan melodi yang menarik menjadi kesan pertama yang sangat baik setahun yang lalu (saat CNBLUE debut). Tetapi sekarang, hal ini menjadi hal yg sudah dapat diprediksikan, dan kurang mengejutkan untuk menjadikan “Intuition” sebagai single andalan di penampilan ketiga mereka kali ini.

Jadi, maksud dari penjelasan di paragraf diatas adalah, “Intuition” dapat dengan mudah dikenali sebagai salah satu dari lagu CNBLUE. Mereka adalah band pop-rock, maka mereka telah mengetahui kedudukan mereka dimana; musik mereka berdiri tegak diantara kerumunan K-pop musik. Tetapi masih ada sesuatu yang kurang berani saat mendengarkan single CNBLUE yang kurang berkembang ini. Single andalan seharusnya meliputi gaya artisnya dalam memperlihatkan musik yg baru, penampilan yg baru dan resiko yg baru; dengan kata lain, sesuatu yg baru yang ditambahkan pada karekteristik dari si artis tersebut. Kalian bisa bilang bahwa hal seperti pemilihan single andalan itu dilakukan karena format band tidak memiliki cakupan musik seluas bintang pop biasanya. Tapi ini semua sebenarnya tentang terobosan (inovasi) dan keaslian (otentisitas) dari band itu sendiri, jadi apakah CNBLUE kehabisan ide? Apakah ini bukti bahwa orang lain lah yang membuatkan lagu ini untuk mereka? Atau apakah mereka hanya berjalan di rel mereka seperti biasanya? Ini sulit untuk dikatakan, tapu untungnya kekecewaan ini hanya jatuh pada single andalan mereka ini saja. Keseluruhan dari album ini sepertinya terlihat memiliki langkah yang berbeda.🙂

Love Girl”, lagu kedua dari album ini, memiliki nada yang lebih ringan dari “Intuition”. Dengan penampilan suara bass yang indah, dan penampilan chorus yang catchy. Lagu ini memberikan rasa komersil yang sangat kuat dan lagu ini lebih bekerja dengan baik untuk meringkas album CNBLUE, First Step ini; lagu ini memiliki irama yang melodic dan sangat pop.

Sebelumnya, saya mengatakan CNBLUE sebagai band rock yang keras namun lembut dan apa yang saya maksud dengan itu adalah bahwa mereka terdengar lebih baik dan jauh lebih menyatu satu sama lain dalam lagu-lagu yang memiliki tempo pelan-menuju-ke-cepat (slow-to-mid). Ketika CNBLUE keluar dengan memperlihatkan sisi “rock” mereka dengan lagu-lagu dengan tempo yang lebih cepat lagi, mereka (ironisnya) terlihat kehilangan tenaga dan keaslian sebagai sebuah band rock, dan terlihat seperti bukan mereka yang sebenarnya. CNBLUE bukan band rock. Mereka adalah band pop namun terpengaruh dengan element dari musik rock (lagu “Wanna Be Like U” memperkuat pernyataan tersebut, mereka terdengar auto-tuned). Lagu “Ready N Go” (lagu dengan irama yang menyenangkan (playful) dan cepat) dapat dinyanyikan dengan sangat sempurna, tetapi secara keseluruhan gaya ini tidak dapat cukup dipercaya secara serius, khususnya ketika arransemen musiknya banyak memperlihatkan keinginan mereka saja. Ini tidak berarti bahwa lagu-lagu tersebut tidak bagus, hanya saja ini terdengar amatir dan dengan nyata diciptakan oleh anak muda, terlalu terlihat mainstream. (A/N mungkin maksudnya terlalu “indie” kali ya)

Sebagai band, CNBLUE sangat mengandalkan pada timbre vokal mereka yang cantik, karena arransemen musik mereka sering terlalu sedikit kunci nada. Keseluruhan campuran dari semua lagu yang terdapat di album “First Step” ini tidak terdengar cukup untuk sebuah band, sensasi dan energi yang diberikan album ini masih kurang terasa. Malah, terlalu dipenuhi dengan irama manis, sweet melodies. CNBLUE terjebak di musik yang indah (sound pretty), dan itu lah yang terjadi di album “First Step” ini.

CNBLUE dihadiahi tidak hanya dengan satu, namun dua vokalis yang sangat menakjubkan. Dengan menjadi pemimpin (leader), Jung Yonghwa mengambil posisi sebagai lead vocal di hampir seluruh lagu dari band ini. Ia memiliki vokal yang sangat lembut dan range vocal yang terbaik ketika ia menyanyikan nada tinggi di setiap lagu, seperti pada bagian chorus di lagu “I Don’t Know Why”, sama halnya dengan harmonisasi yang baik bersama Jonghyun.

Saya tidak tahu bagaimana kedua orang ini bertemu sampai akhirnya membuat band seperti sekarang, tetapi vokal Yonghwa dan Jonghyun ketika bernyanyi bersama terdengar sangat sempurna.

Jonghyun adalah salah satu vokalis dengan timbre yang menakjubkan dalam music K-Pop. Sedikit serak dan bergema seperti suara dari Kyuhyun, personel Super Junior. Jonghyun memiliki tehnik yang baik dan kontrol yang kuat, hal ini lah yang membuat suaranya terdengar sangat emosional pada bagian solo ballad-nya, “Love Rides The Rain”, terdengar sangat indah, tanpa ada sedikitpun kesulitan. Ia membantu memberikan CNBLUE sebuah sensasi performa vokal yang indah, dengan suaranya yag seperti itu, mereka dapat menyajikan performa lagu yang kuat dan menyenangkan untuk para audience-nya untuk didengarkan setiap saat.

Pada lagu “Lie”, Jonghyun dan Yonghwa menyatukan suara merka yang dalam dan lembut tersebut untuk menyajikan sebuah pengalaman mendengarkan lagu yang nyaman, mempersilahkan salah satu dari mereka untuk bersinar dengan yang lainnya memberikan sautan yang membuat transisi yang jernih.

Lagu-lagu ini memperlihatkan chemistry mekerka sebagai grup dan memperjelas kekuatan mereka sebagai penyayi dan musisi, dan tentunya bukan hal mudah untuk memperlihatkan hal-hal tersebut.

Kebanyakan dari lagu-lagu yang terdapat di album “First Step” ini ditulis dan dibuat komposisinya oleh member dari CNBLUE sendiri, dan untuk hal tersebut merka pantas untuk diberikan dua jempol. Single andalan mereka mungkin kurang “panas” namun untungnya lagu-lagu lain di album ini membantunya untuk menambah ketertarikan dengan irama yang cantik dan vokal yang lembut.

Produksi dari album ini terdengar bersih dan rapi. Walaupun sebenarnya arransemen yang terdengar serupa dengan lagu-lagu sebelumnya bisa jadi kelebihan dari album ini. Dapat dimengerti bahwa CNBLUE tidak akan terbang melewati panggung atau menghancurkan gitarnya, tapi mungkin suara yang lebih tebal dan irama yang sedikit lebih “berantakan” akan mampu membantu grup ini untuk maju ke level musik yang lebih dewasa di beberapa lagu di album “First Step” ini. Disisi lain, CNBLUE telah menancapkan senjatanya dan telah membawa ciri khas gaya mereka kembali ke industry musik Korea.

Rating keseluruhan : 4 dari 5 (Good)

Source : Allkpop.com

Translate : Missjutek @ missjutek.com

~ ~ ~

Saya sendiri sih nggak sepenuhnya setuju dengan isi dari artikel diatas… mungkin juga pendapat saya ini terlalu subjektif karena saya penggembar dari band CNBLUE ini…😀 Saya sendiri merasa bahwa album CNBLUE kali ini justru semacam masterpiece-nya mereka… soalnya saya suka kesemua lagu yang ada di album ini… termasuk “Intuition” yang banyak diperlihatkan kelemahannya di artikel review ini. Buat saya, lagu “Intuition” ini memang CNBLUE banget!! Dan saya nggak keberatan dengan hal itu… wajar kan kalo lagu yang terdengar sangat mewakili genre music yang diusung band tersebut yang dijadikan sebagai single andalan? Hehehe…

Salah satu yang saya pikir saya sependapat dengan penulis review ini adalah : CNBLUE buakn band rock. Hehehe… dari semenjak pertama mendengarkan lagu mereka, saya sendiri bingung juga, kenapa band ini disebut band rock? Soalnya unsure rock di lagu-lagu mereka ini kurang terlihat, jusru unsur pop-nya lah yang paling terlihat. Yah, mungkin karena format mereka adalah band kali ya, soalnya kalau di Korea yang biasa menyanyi dengan format band itu hanya yang mengusung music rock, kalau pop biasanya formatnya grup vocal atau artis solo. Hehehe… yah, saya pribadi sih nggak mau terlalu ngurusin dengan genre-nya asal enak didenger ya lagu itu akan saya dengerin terus😀

Buat para pembaca blog saya yang nggak terlalu senang dengan music korea, maaf ya kalau blog saya belakangan ini jadi penuh sama hal-hal berbau korea…😀 abis yang muncul di otak saya buat diposting di blog ini selalu yang berhubungan dengan korea aja sih…:mrgreen: mungkin pengaruh Korean wave juga kali ya… meskipun sebenarnya saya sendiri sih udah suka dengan hal-hal berbau korea dari tahun 2002..🙂

Makasih buat yang udah baca sampai akhir… saya tau artikel ini panjang banget soalnya😀

Bye all… have a nice day!

7 thoughts on “[Review] “First Step” by CNBLUE

  1. salam kenal.
    artikelny menarik, tp aq juga g’setuju sm artikel it, it kan balik lg k’pndengar lagu2 CN Blue, justru mnrut.q mereka sngat menarik, cz kbanyakan dr korea it group vokal trz n lagu2 grup vokal it yg prasaan krg inovativ..

  2. saya suka CNBLUE justru setelah nonton WGM goguma. kkk~ menyampingkan paras yang condong ke manis daripada tampan (favorit saya ini…) lagu-lagu CNBLUE emang terdengar condong ke Maroon 5 tapi itu yang membedakannya dengan grup yang lain. Lagu-lagunya bikin semangat & ga ngantuk siang-siang😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s