[Movie Review] Sunny (써니) – 2011

 

Country: South Korea
Production Company: Toilet Pictures/ Aloha Pictures
Genre: Drama
Director: Kang Hyung Chul
Starring: Yu Ho Jeong, Jin Hee Kyung, Ko Su Hee, Hong Jin Hee, Lee Yeon Kyung, Kim Seon Kyeong, Shim Eun Kyeong, Kang So Ra, Kim Min Young, Park Jin Joo, Nam Bo Ra, Kim Bo Mi, Min Hyo Rin, Kim Shi Hoo
Length: 124 mins
Date of release: 4th May, 2011

Sebagai penyuka hal-hal yang berbau Korea (termasuk film Korea tentunya), sebenernya dari minggu pertama perilisan film ini saya udah denger tentang film ini, betapa film yang awalnya dianggap “underrate” ini justru jadi box-office di Korea sana. Tertarik? Ya, dari awal saya sudah tertarik, tapi entah kenapa ga jadi terus setiap mau streaming / download film ini. Selalu aja tergoda sama film atau serial drama lain sebelum nemuin link film ini. Sampai akhirnya kemarin, seorang teman memposting berita tentang film-film yang jadi box-office di Korea selama tahun 2011 ini, terus ada yang kasih komentar positif tentang film ini. Jadi pagi ini saya putuskan buat nonton film ini.

Film dimulai dengan rutinitas kehidupan seorang ibu rumah tangga bernama Im Na-mi. Keluarganya terdiri dari: suami yang seorang pekerja kantoran dan sering kali harus menjalankan tugas di luar Seoul dan seorang anak gadis remaja yang sepertinya tidak bisa dekat dengan ibunya sendiri. Ah, ada lagi! Ibunya! Sedang dirawat di rumah sakit, suka nonton drama bersama teman-teman satu kamarnya di rumah sakit, dan senang diberi tas dari brand mewah.

Suatu hari, saat ia mengunjungi ibunya di rumah sakit, ia melihat seorang pasien wanita di sebuah kamar rumah sakit yang meronta-ronta kesakitan dan langsung dihampiri oleh para perawat dan dokter. Saat ia melihat papan nama pasien tersebut di pintu masuk kamar itu, tertulis “Ha Chun-hwa”, yang adalah nama ketua ‘gank’-nya di masa SMA dulu.

Ternyata Chun-hwa menderita suatu penyakit serius dan dokter meperkirakan usianya hanya tinggal 2 bulan. Sebagai permintaan terakhirnya, ia meminta Na-mi untuk mencari kelima anggota gank mereka yang lainnya agar mereka dapat bertemu dengan Chun-hwa sebelum meninggal nantinya. Dalam usaha Na-mi menemukan kelima temannya ini lah “cerita seru” dimulai. Melihat jadi apa mereka sekarang, mengingat kembali apa impian mereka di masa lalu, semua kejadian-kejadian yang mereka alami di masa lalu.

Na-mi awalnya adalah seorang siswi pindahan dari daerah pedesaan Korea, saat memperkenalkan diri didepan kelas karena gugup dialek pedesaan-nya keluar dan menjadi bahan olok-olok teman-teman sekelasnya. Singkat cerita, karena ditempatkan duduk dengan Jang-mi (siswi yang terobsesi untuk memiliki mata yang terlihat besar) yang adalah salah satu anggota gank “Sunny” dimana Ha Chun-hwa menjadi ketua gank-nya. Selain Chun-hwa dan Jang-mi, anggota Sunny lainnya ada : Jin-hee (yang terobsesi untuk menjadi Miss Korea), Geum-ok (yang ingin menjadi seorang penulis terkenal),  Bok-hee (yang sering berkata kasar) dan Su-ji (gadis paling cantik di sekolah).

Mereka sering menarikan lagu berjudul “Sunny” yang dibawakan oleh penyanyi lawas Bonny M (surprisingly my father knows this song!! Mwahahaha). Berbagai kejadian telah mereka alami bersama, hingga akhirnya satu kecelakaan terjadi pada Su-jin bertepatan dengan saat dilaksanakannya festival sekolah. Semenjak kejadian ini lah mereka mulai terpecah belah.

Berhasilkan Na-mi mepertemukan Chun-hwa dengan semua anggota “Sunny” sebelum ia meninggal?? Yah, nonton aja sendiri… hehehehe…

Film ini membawa saya tertawa terbahak-bahak, menangis dan berpikir. Kita semua pasti punya harapan atau cita-cita seperti apa hidup kita di masa depan, entah itu tentang pekerjaan, kegiatan, jodoh, apapun. Apa cita-cita atau harapan kalian akan tercapai dalam kurun waktu 25 tahun dari cita-cita atau harapan itu kalian buat? Apakah yang kalian lakukan sekaran ini adalah jalan menuju cita-cita atau harapan kalian? Itu sih yang terpikir oleh saya…🙂

Saya pikir, dengan kekuatan cerita dari film ini dan akting dari para pemerannya yang bukan aktris-aktris papan atas pastas saja kalau film ini masuk jajaran film box-office🙂 This movie is soooooo awsome! Hilarious yet makes you cry at the same time…

 

3 thoughts on “[Movie Review] Sunny (써니) – 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s