Unforgettable Moment : Teaching and Traveling #1 1000 Guru Bogor

9e8cdec55a663556a2db01bbbb5ade65

Hai hai, missjutek balik lagi~ setelah bertahun-tahun ga ngisi personal blog *tutup muka pake ember* *malu* Kali ini balik lagi karna pengeeeeen banget nulis tentang pengalaman yang tak terlupakan waktu ikut kegiatan Teaching and Traveling yang diadakan oleh 1000 Guru Bogor di SDN Cianten 2, Leuwiliang – Bogor weekend kemarin.

Pertama tau tentang komunitas 1000 Guru dari acara talkshow di TV, terus sempet liat postingan poster kegiatan Teaching and Traveling (TnT) di Path temen. Dari situ baru mulai kepo nyari tau info-infonya. Sempet juga beberapa kali daftar kegiatan TnT di regional lain, tapi ga lolos, Kak! Yah, jodohnya emang sama regional Bogor, si kampung halaman tercinta.

Kegiatan TnT ini diikuti oleh 30 orang volunteer dari berbagai daerah, ga cuma Bogor. Paling jauh adalah Mas Joko yang berasal dari Solo (bukan cuma berasal dari Solo loh ya, tapi emang tinggal di Solo!). Dari ke-30 orang volunteer ini, dibagi kedalam 6 kelompok, masing-masing kelompok mengajar di 1 kelas. Saya kebagian di kelompok 4 untuk mengajar di kelas 4.

9cd8287e81d9c085da3ff5f9aceaeacd

Mengajar, jadi guru, lebih-lebih buat anak SD adalah hal yang baru buat saya. Materi yang dikasih juga bukan hal yang jadi keahlian saya, “Kepahlawanan dan Patriotisme”. Bingung ga tau harus ngapain, degdegan karna merasa ga menguasai materinya, takut kalo murid-muridnya ga ngerti sama materi yang saya berikan, dan berbagai rasa lainnya campur aduk jadi satu di dalam diri. Tapi dengan segala keterbatasan itu Alhamdulillah berakhir dengan lancar.

IMG-20150830-WA0011

Selepas mengajar di dalam kelas, murid-muridnya dibawa ke lapangan buat bermain bersama kakak-kakak volunteer. Berbagai macam permainan outdoor kita lakukan, terakhir main ‘cing benteng’ yang berakhir dengan jatoh bareng-bareng😀 sakit sih, tapi seru!! We share laughter, we had some fun!

IMG-20150831-WA0005

Selesai mengajar dan bermain-main di SD, dilanjut makan siang bersama, umepel-umpelan sempit-sempitan di 1 rumah warga yang dijadikan “markas”. Setelah itu sesi keakraban dengan para volunteer dan panitia. Main-main bareng lagi di lapangan. Seru dan amat menyenangkan. Udah bener-benar ga ada lagi jaim-jaiman, semuanya lepas, teriak-teriak dan tertawa bersama, sampai ga terasa udah sore aja..

Selesai makan malam dengan nasi liwet ceria, dilanjut lagi sesi perkenalan kembali. Masing-masing volunteer dan panitia diminta untuk memperkenalkan kembali dirinya masing-masing satu persatu, biar ga ada lagi yang ga tau nama satu sama lain. Biar makin saling kenal satu sama lain juga. Kemudian dilanjut dengan jalan-jalan ke pabrik PT. Perkebunan Nusantara VIII liat proses pembuatan teh, dari pucuk daun sampe jadi teh siap seduh. Plus nyobain berbagai macam teh hasil produksinya.

Meski selesainya udah larut malam, tapi semuanya masih semangat buat syuting video perayaan ulang tahun 1000 Guru di lapangan dekat pabrik. Selesai syuting, waktu matiin lilin masing-masing volunteer diminta buat nyebutin 1 harapan atau sifat buruk yang pengen dibuang. Yang saya katakan waktu itu, yang kemudian jadi bahan candaan adalah “Semoga gue bisa ngomong duluan” *malu* sebenernya aslinya bukan itu kata-kata yang mau saya bilang, ga tau deh kenapa keluarnya jadi itu.. hahaha maksudnya sih berharap semoga saya bisa buka pembicaraan duluan sama orang baru, bisa ajak ngobrol duluan gitu.

Besoknya petualangan dimulai.. Hehehe.. Jelajah desa, amazing race, traveling.. whatever you called it~ Inti kegiatannya adalah jalan-jalan bareng beberapa murid yang udah kita pilih. Jalan-jalan di kebun teh, masuk hutan, ngelewatin sawah dan jalan setapak yang beberapa emang baru dibuat saat kegiatan ini berlangsung. Kedengarannya mungkin “yah, gitu doang” tapi cobalah lakukan~ INI ULTRA SERUUUU!!!

IMG_20150830_091617IMG-20150831-WA0101 IMG-20150831-WA0029 IMG-20150831-WA0021 IMG-20150831-WA0004

Alam adalah hal paling indah yang diciptakan Tuhan. Liat beberapa tanaman liar yang jaman kecil sering dipake main, itu juga punya kesenangan tersendiri. Semacam flashback gitu lah.. Udah ga bisa menggambarkan dengan kata-kata deh buat pengalaman ini.. so wonderful, awesome, amazing, hebat, keren, indah, segalanya~

8c2d56a08ab99b4b55b1ebabcf3197e8

3 hari tanpa sinyal handphone.. boro-boro buat internetan, buat sekedar SMS ato telpon orang rumah aja sulit, Kak! Tapi mungkin ya ini bisa dibilang keuntungan juga sih, jadi ga ada yang asik sendiri sama gadget, semua fokus ke apa yang ada di hadapannya.. kawan-kawan sesama volunteer, panitia, murid-murid, warga sekitar, dan tentu saja alamnya. Ini bener-bener pengalaman yang ga akan pernah terlupakan. Semua pengalaman yang terjadi di Cianten, semuanya masuk “core memory” (yang udah nonton Inside Out pasti ngerti lah😉 ).

65c4e4eccc6c165628ac9ea11bf35ea7

“Ketagihan!” yups! Bener banget Kak Ayu (salah satu volunteer), TnT ini bikin ketagihan. Mau banget deh buat ikutan kegiatan kayak gini lagi. The Super Awesome Experience. An Amazing Journey. Unforgettable Moment.

16 thoughts on “Unforgettable Moment : Teaching and Traveling #1 1000 Guru Bogor

    1. Boleh kak, silahkan.. Semakin banyak yg baca, mudah-mudahan jadi makin banyak yg tertarik sama kegiatan ini dan makin peduli sama pendidikan anak-anak bangsa, terutama di daerah pedalaman. Semoga masih dikasih kesempatan buat bisa ikutan TnT lagi.. ☺

    1. Iya Pak, seru~ sebenarnya kalo program ini sih ada batasan umurnya, karna jalur tempuh ke desa tempat TnT-nya biasanya berat.. Kadang ampe harus naik mobil off road gitu, Pak. Tapi kalo Pak Har sih yakin bisa ya ngelewatin yg gituan doang mah.. Udah biasa keluar masuk kampung buat pemetaan kan..🙂

  1. Iya pake seleksi, soalnya sekali buka pendaftaran, yg daftar ampe ratusan.. Jd katanya dipilihin yg bener-bener niat aja..
    Kalo yg Bogor ini kemaren yg daftar diminta buat bikin essay gt..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s