Unforgettable Moment Part 2: TNT #3 Sibugo SDN Rimba Kencana

Hai hai Missjutek balik lagi~ (kata-kata ini jadi semacam template gara-gara jarak waktu dari 1 postingan ke postingan berikutnya selalu jauh)

Jadi sekitar seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 12-13 Maret 2016 lalu, Sibugo a.k.a. 1000_Guru regional Bogor telah menyelenggarakan kegiatan .traveling & teaching ketiganya yang kali ini bertempat di SDN Rimba Kencana, Kampung Legok Batu, Desa Malasari, Kec. Nanggung, Kab. Bogor. Bekerjasama dengan VES Community, sabtu tanggal 12 Maret 2016 pagi rombongan kami tiba di lokasi. Setelah melewati perjalanan panjang, berliku dan berbatu, kami tiba dengan selamat.

Ini adalah pengalaman pertama TNT saya sebagai panitia (biasanya volunteer), dimana saya dan tim panitia lainnya bahu-membahu mempersiapkan kegiatan ini dari mulai perencanaan, survei, belanja, packing dan lain sebagainya. Capek pasti terasa, lelah juga ada kalanya, tapi semangat untuk bisa berbagi kebahagiaan dengan adik-adik di SDN Rimba Kencana membuat semua itu tidak ada artinya.

Karena keterlambatan waktu keberangkatan yang jauh mundur dari jadwal semula, menyebabkan panitia cukup kelimpungan mempersiapkan segala hal mulai dari sarapan hingga persiapan upacara bendera. Saya sendiri yang kali ini ambil bagian sebagai tim konsumsi, harus berpacu dengan waktu untuk dapat mempersiapkan sarapan bagi para volunteer dan panitia lainnya serta rombongan dari VES Community. Menu sarapan kami buat se-simple mungkin untuk efisiensi waktu. Hanya nasi putih, pizza mie, kerupuk dan sambal yang dapat kami siapkan pada saat itu. Karena tim konsumsi masih harus memasak sarapan untuk rombongan VES Community, dan panitia lain juga masih harus mengkondisikan lapangan untuk pelaksanaan upacara bendera (kami membawa donasi tiang bendera dan alat-alat upacara lainnya, karena sebelumnya SDN Rimba Kencana belum pernah melakukan upacara bendera), menyebabkan tim panitia tidak dapat melakkukan sarapan bersama dengan volunteer.

Lepas sarapan dan setelah pengkondisian lapangan, upacara bendera pun dilakukan. Petugas upacara diambil dari para panitia dan volunteer yang bersedia. Saya kali ini ambil bagian sebagai dirigen. Mengarahkan para volunteer untuk menyanyikan lagu “Indonesia Raya” pada saat pengibaran bendera, menyanyikan lagu “Mengheningkan Cipta” dan 1 lagu wajib nasional (kali ini, yang dipilih lagu “Hari Merdeka”). Ada sedikit kesalahan kecil, tapi over-all upacara bendera kali ini berjalan dengan cukup lancar.

Setelah upacara, saya kembali ke dapur untuk memasak makan siang, sementara panitia lain dan para volunteer memulai kegiatan teaching mereka. Dimulai dengan penyuluhan cara meyikat gigi yang baik dan benar yang dilakukan oleh salah satu volunteer yaitu Kak Qurrota Ayu Nina yang dalam kesehariaannya memang bekerja sebagai Dokter Gigi. Kemudian, berikutnya adalah pelaksanaan teaching dikelas, dimana para volunteer dan siswa-siswi SDN Rimba Kencana dan SMP IT Cendikia telah dibagi kedalam 4 kelompok belajar. Kakak-kakak volunteer mengajar dengan tema yang telah mereka persiapkan sebelumnya.

Setelah kegiatan teaching indoor di kelas (untuk siswa-siswi SD) dan rumah warga (untuk siswa-siswi SMP), para volunteer dan siswa-siswi dikumpulkan kembali di lapangan untuk melakukan berbagai permainan tradisional seperti galasin, derder aider, dsb. Semua nampak bersenang-senang bermain bersama, berbagi keceriaan. Setelah itu, acara selanjutnya adalah pemberian donasi. Alhamdulillah untuk TNT kali ini, kami mendapat banyak sumbangan dari berbagai pihak, sehingga donasi yang dapat diberikan untuk siswa-siswi SDN Rimba Kencana pun ada berbagai macam. Mulai dari tas dan alat tulis, seragam sekolah, sepatu dan kaos kaki, buku bacaan, dsb. Sungguh senang rasanya melihat senyum bahagia yang tergurat di wajah adik-adik siswa-siswi SDN Rimba Kencana dan SMP IT Cendikia yang bergembira karna mendapat banyak barang baru yang dapat mereka gunakan untuk sekolah.

Selepas bermain dan berbagi dengan adik-adik siswa dan siswi SDN Rimba Kencana dan SMP IT Cendikia, kali ini para volunteer dan panitia berkesempatan untuk dapat makan siang bersama-sama. Dengan menu seadanya, semua volunteer dan panitia dapat menikmati moment kebersamaan tersebut.

Setelah beristirahat sejenak, di sore harinya volunteer dan panitia kembali berkumpul di sekolah untuk melakukan penyuluhan kesehatan bagi warga sekitar yang dilakukan oleh Dokter Winda dan Dokter Annisa, serta pelatihan upacara bendera bagi siswa-siswi SDN Rimba Kencana dan SMP IT Cendikia. Selepas itu, baru dilaksanakan games volunteer, sebagai sesi pengakraban antar satu volunteer dengan volunteer lainnya.

Setelah itu, para volunteer dipersilahkan untuk bebersih diri, hingga waktu makan malam yang kemudian dilanjutkan dengan sesi malam keakraban, dimana para volunteer dan panitia kembali saling memperkenalkan diri dan mengungkapan kesan mereka selama seharian itu megikuti kegiatan TNT ini.

Selepas sesi malam keakraban, beberapa volunteer dan panitia membuat api unggun di lapangan sekolah. Mereka bernyanyi-nyanyi dan mengobrol bersama mengakrabkan diri mereka hingga larut malam.

Keesokan harinya, baru lah acara traveling dilakukan. Semula acara traveling ini akan dilakukan di Perkebunan Teh Nirmala dan Curug Macan, namun karena berbagai pertimbangan akhirnya acara diubah dengan tracking menuju Curug Piit sambil melewati Perkebunan Teh Nirmala dengan menggunakan kendaraan colt bak yang kami sewa dari warga sekitar.

Tracking menuju Curug Piit adalah hal yang paling berkesan. Sulitnya medan yang dilalui selama perjalanan menjadi tidak begitu terasa dengan buaian manja pemandanga yang dilalui dan kebersamaan yang mendekatkan seluruh volunteer dan panitia. Semua saling bahu-membahu menolong setiap volunteer atau panitia yang mengalami kesulitan dalam perjalanan. Melewati sawah dengan tanah yang masih amat gembur, sehingga beberapa volunteer ada yang sempat terperosok dan jatuh ke kubangan lumpur. Menyebrangi sungai dengn debit air yang cukup deras dan batu-batuan yang licin. Menuruni dan memanjat tebing menggunakan tali atau berpegangan pada teman lainnya. Sungguh pengalaman tracking yang luar biasa. Perjuangan tersebut pun terbayar setelah sampai di Curug Piit. Curug dengan ketinggian 75 meter tersebut memiliki debit air yang cukup deras dan sangat menggoda untuk segera menceburkan diri ke sungai dibawahnya.

Selesai bermain air dan berfoto-foto di Curug Piit, kami pun kembali tracking menuju tempat parkir colt bak di dekat pemukiman warga. Jalan yang kami lewati rupanya berbeda denga jalan sebelumnya. Tidak ada area persawahan yang penuh lumpur yang kami lewati kali ini, tapi kami harus melewati lebih banyak tebing dan jarak yang lebih pajang dari sebelumnya. Meski lelah terasa, namun kebersamaan yang kami rasakan membuat rasa lelah itu sirna begitu saja.

Kemudian kami pun harus berpacu dengan waktu, karena ternyata pihak VES Community telah bersiap untuk menjemput kami, untuk mengantarkan kami kembali ke kota Bogor. Sampai di rumah singgah, kami tidak punya banyak waktu untuk membersihkan diri, sehingga kami hanya berganti pakaian dan melakukan packing seadanya. Makan siang yang sebelumnya telah disiapkan oleh ibu pemiliki rumah singgah pun urung kami lahap. Karena kami harus segera berangkat, agar dapat tiba di kota Bogor sebelum larut.

Dalam perjalanan pulang, meski ada beberapa orang yang sempat melihat mahluk misterius, namun semua berjalan dengan cukup lancar. Pukul 9 malam kami tiba di meeting point. Setelah pembagian sertifikat dan berpamitan dengan seluruh volunteer dan panitia, masing-masing dari kami pun kembali ke rumah masing-masing, membawa sebuah kenangan, kenangan kebersamaan kami yang sulit untuk dilupakan.

Semoga kita masih diberi kesempatan untuk turut serta dalam TNT berikutnya, dan kembali membuat kenangan.

Note: Foto diambil dari dokumentasi sibugo hasil jepretan Kak Iqbal dan Dedek Ipul🙂