Kebahagiaan: TNT #4 1000 Guru Bogor Spesial Hardiknas MI Miftahul Ulum

TNT_4_banner_sekolah

Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, long weekend kemarin komunitas 1000 Guru mengadakan acara .traveling and teaching yang digelar oleh beberapa regionalnya, termasuk diantaranya 1000 Guru Bogor. Iya.. yang belakangan tiap acaranya sering saya tulis di blog ini.. hehehe😀

Tepatnya tanggal 6 Mei 2016, seluruh panitia dan volunteer TNT #4 1000 Guru Bogor berkumpul di Taman Ekspresi, Kawasan Lapangan Sempur, Bogor untuk bersama-sama berangkat ke lokasi TNT kali ini di MI Miftahul Ulum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Berangkat pukul 5 sore, perjalanan kami kali ini tidak mengalami kendala yang berarti, sekitar pukul 8 malam kami sudah tiba di Huntara (hunian sementara), tempat kami akan menginap.

Setibanya di Huntara, sebenarnya panitia mendapat sedikit masalah karna kurangnya koordinasi dengan pihak setempat, namun Alhamdulillah akhirnya masalah tersebut dapat diatasi dengan baik (thanks to our team *send some virtual kiss & hugs*). Yang dari awal udah diwanti-wanti ga mau masak sendiri lagi (ga mau kejadian waktu TNT #3 terulang lagi soalnya), in the end tim konsumsi terpaksa masak lagi buat sarapan pagi. Untungnya untuk menyiapkan makan siang, kita bisa dapet ibu yang bantuin masak, jadi meski agak telat, tim konsumsi masih bisa ikutan teaching di sekolah.

IMG-20160412-WA0014

IMG-20160412-WA0016

Memang lokasi TNT kali ini ga sepedalaman TNT sebelumnya, tapi untuk sarana dan fasilitas sekolahnya sayangnya sama saja keadaannya.. Bahkan kalau boleh jujur dalam beberapa hal, lokasi TNT kali ini keadaannya lebih buruk. Sekolah ini adalah sekolah yang dibangun atas swadaya masyarakat dan bantuan dari komunitas sosial lain untuk menggantikan gedung sekolah sebelumnya yang hancur akibat bencana longsor yang terjadi beberapa tahun lalu. Sekolahnya amat sangat sederhana (kalau tidak mau disebut kurang banget), hanya memiliki 2 ruangan kelas indoor dan 2 ruang kelas outdoor. Tanpa ruang guru dan fasilitas toilet. Tanpa lapangan yang memadai, juga tanpa tiang bendera untuk upacara.

Khusus untuk kegiatan TNT ini, pihak sekolah menyiapkan tiang bendera dadakan yang terbuat dari bambu, sehingg pagi itu kami bisa melaksanakan upacara bendera bersama murid-murid MI Miftahu Ulum. Seluruh murid dan kakak-kakak volunteer sangat bersemangat mengikuti upacara bendera kali ini, sehingga upacara pun dapat berjalan dengan lancar.

Selepas upacara, kakak-kakak volunteer melakukan teaching sesuai dengan leasson plan per kelas yang telah disiapkan panitia, dengan materi ajar dan alat peraga yang telah disiapkan oleh masing-masing kelompok volunteer. Tidak disangka, meski keadaan sekolah mereka serba kekurangan, ternyata murid-murid MI Miftahul Ulum cukup cakap dan pintar dalam menerima setiap materi yang diberikan oleh kakak-kakak volunteer.

Usai teaching sesuai leasson plan, murid-murid dikumpulkan di kebun samping sekolah yang dijadikan lapangan dadakan untuk melakukan permainan-permainan tradisional seperti der-der aider, domikado, dan lain sebagainya. Semua bergembira, bermain bersama-sama, berbagai canda dan tawa.

Setelah itu, tiba saatnya penempelan daun impian yang bertuliskan cita-cita setiap murid ke pohon impian yang telah disiapkan oleh panitia, untuk kemudian ditempel dimasing-masing kelas. Hal ini dilakukan sebagai pengingat dan menjadi motivasi bagi para murid untuk terus giat belajar agar dapat meraih cita-cita yang telah mereka tuliskan di daun impian tersebut.

Selepas pelepasan balon-balon impian dan pemberian donasi dan motivasi oleh kakak-kakak volunteer, murid-murid diperbolehkan pulang, sedangkan kakak-kakak volunteer bersiap untuk bersantap siang bersama. Awalnya kegiatan santap siang bersama ini direncanakan untuk dilakukan di kebun sambil duduk lesehan, namun karena hujan yang turun cukup deras siang itu, kami terpaksa makan di kelas outdoor dengan menggunakan bangku-bangku kelas. Tapi hal ini tidak mengurangi kenikmatan kebersamaan kami. Meski dengan menu ala kadarnya, kami semua makan dengan lahap.

Sekitar pukul 1 siang, kami kembali ke Huntara untuk shalat dan beristirahat sejenak. Kemudaian sekitar pukul 3 sore, beberapa panitia membangun tenda di lapangan dekat Huntara untuk dijadikan tempat kemping di malam harinya. Disaat yang bersamaan beberapa panitia lainnya dan seluruh kakak-kakak volunteer berkumpul di lapangan untuk bermain games kebersamaan. Beberapa permainan disiapkan oleh tim acara untuk mengeratkan kebersamaan antar kakak-kakak volunteer.

Selepas bermain di lapangan, kakak-kakak volunteer diperbolehkan untuk mandi dan bersih-bersih sebelum makan malam. Setelah makan malam bersama, kemudian kami berkumpul kembali di lapangan dengan mengelilingi api unggun yang telah disiapkan untuk melaukan kegiatan malam keakraban (makrab), dimana masing-masing kakak volunteer dan panitia memperkenalkan diri mereka satu persatu.

Usai makrab, kami tidur di tenda-tenda yang telah disiapkan. Menikmati syahdunya suasana malam di pedesaan. Beberapa dari kami mengaku bahwa ini pertama kalinya mereka tidur di tenda, di alam terbuka. Meski begitu, alhamdulillah kami tidak mendapat kendala apa pun.

Esok paginya, usai sarapan, dengan menggunakan losbak, kami berangkat ke tempat traveling, yaitu wana wisata curug kembar untuk mengeksplore beberapa curug yang terdapat disana. Kali ini kami berwisata ke Curug Hordeng dan Curug Ciburial. Ada sedikit insiden yang alami di Curug Hordeng.. Well, ini murni kesalahan saya sendiri sih, dimana kacamata saya jatuh dan hilang di curug ini.

Saya dan beberapa panitia lain sebenarnya sudah pernah pergi ke curug ini sebelumnya beberapa waktu lalu, jadi ketika tracking, kami seperti merasakan flashback ke kejadian-kejadian yang kami alami sebelumnya. It was fun!🙂

Tracking kali ini medannya tidak extream seperti traveling di TNT sebelumnya, karena temat traveling kali ini memang sudah menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat. Yang agak berat bagi beberapa kakak-kakak volunteer hanya beberapa tanjakan yang dilalui yang membuat mereka agak kelelahan, karena tidak semua dari mereka terbiasa dengan kegiatan outdoor. Tapi pemandangan indah yang tersuguhi disepanjang jalan, membuat lelah itu tidak terasa. Mereka beberapa kali berfoto di spot-spot pemandangan yang mereka anggap indah.

Setelah puas bermain air di Curug Hordeng dan Curug Ciburial, sekitar pukul 12 siang kami kembali ke Huntara untuk bersih-bersih, makan siang dan bersiap pulang kembali ke meeting point, di Taman Ekspesi. Sekitar pukul 2, kami bertolak dari Huntara, dan tiba kembali di Kota Bogor sekitar pukul 5 sore.

Sungguh sangat menggembirakan, kami bisa kembali berbagi kebahagiaan dengan anak-anak di pedalaman dan mengenal kakak-kakak volunteer baru. Mendapat keluarga baru yang menyenangkan dan pengalaman yang membahagiakan. Seperti yang pernah saya tuliskan di posting-an pengalaman TNT pertama saya, TNT itu bikin “ketagihan”!😀

2 thoughts on “Kebahagiaan: TNT #4 1000 Guru Bogor Spesial Hardiknas MI Miftahul Ulum