Masak, mari memasak…

Beberapa minggu belakangan ini, saya lagi seneng masak… lagi seneng aja… nyoba2 resep baru yg didapet dari majalah, blog temen, ato bahkan dari komik… masakannya pun macem2… dari mulai kue2 kering pengisi toples di ruang tamu, sampe bakpau sederhana yg simple, tapi bikinnya perlu perjuangan karena nguleninnya lama… juga soto (berbagai macam juga nih yg saya coba masak… ada soto lamongan, soto betawi, dan soto ayam kuning), dan macem2 pasta juga mashed potatoes yg kemaren baru aja saya bikin (namun kebanyakn merica, sehingga menjadi pedes mampus…).

So, maka pada posting-an kali ini yg akan saya bagi adalah… tentunya resep masakan yg udah pernah saya coba di dapur uji missjutek :mrgreen: sehingga udah dapat dipastikan tidak mematikan… *yah, paling cuman masuk rumah sakit aja, karena keracunan… hehehe… kidding!*

Resep yang akan saya bagikan kali ini adalah mashed potatoes with vegetables. Mau curhat dulu dikit ya…*as usually* jadi, resep ini awalnya saya dapet dari seorang teman di Plurk… yaitu, kak poe seorang ibu yang jadi suka masak setelah menikah *katanya* yang juga adalah senior saya di kampus dulu… jadi, waktu itu kak poe mengatakan bahwa dia baru aja makan siang dengan mashed potatoes… dengan serta merta kak echan *temen plurking saya juga yang adalah senior saya yang seangkatan sama kak poe* menanyakan resepnya… setelah dikasih resepnya *via plurk!* dan say abaca… hmm keknya mudah nih bikinnya… maka saya pun langsung meng-save as plurk-page-nya… untuk kemudian akan saya coba untuk membuatnya nanti di rumah… Nah, karena pas sampe rumah ternyata kentangnya cuman ada dikit, jadi yawsu… ntar aja lah kalo punya kentang banyak baru dicoba resepnya… sebelum memiliki kentang yg cukup buat bikin mashed potatoes, kemudian saya mendapatkan resep mashed potatoes lagi… dan kali ini, lebih simple lagi!! Hmm… jadi semakin tertantang buat nyoba dong… resep kali ini, saya dapat dari buku “Cinematherapy for lovers : panduan menonton video untuk menemukan cinta sejati” yang sebenernya udah saya beli dari semenjak 2 tahun lalu… namun hingga detik ini, masih juga belum hatam saya baca… Resepnya ini, ada di bagian tips untuk memancing pembicaraan tentang komitmen selanjutnya dari suatu hubungan dalam pencarian cinta sejati… *anjiiiirrrrrr* Ok, tanpa semakin memperpanjang lagi curhat-an khas saya ini *Pe-De bener…* inilah resepnya :

MASHED POTATOES WITH VEGETABLES

Bahan yang diperlukan :

4 buah kentang (yang ukurannya agak besar ya, jangan yg kecil2, ntar jadinya cuman dikit)

½ cangkir (kira2 100 cc) susu plain (jangan dikasih susu chocolate! Apa lagi strawberry, bisa aneh ntar jadinya!)

3 sendok makan margarine atau mentega (yah, terserah lah… sesuai selera aja, sukanya yg mana)

Sayuran yang sebelumnya telah di rebus sebentar (kalo yg saya peke sih cuman wortel dan kacang panjang *padahal harusnya sih buncis, cuman karena saya nggak ska buncis, jadi disganti sama kacang panjang aja* karena yg ada di kulkas cuman ini… :mrgreen: bisa juga sih—kalo enggak mau repot—pake mix vegetables yg beku ato kalengan yg bisa dijumpai dengan mudah di supermarket terdekat)

Garam dan merica secukupnya (awas, jangan ampe kebanyakan… karena, kalo kebanyakan garem jadi asin, dan kalo kebanyak merica jadi pedes… kek yg saya bikin… :mrgreen: )

Cara membuat :

1. Kupas semua kentang, dan rebus dengan air hingga lunak (kalo saya sih kemaren sekitar 25 menit gitu lah, pastikan untuk sering diliat… jangan sanpe ntar kurang aer dan jadi gosong).

2. Tiriskan kentang yg telah lunak tersebut, lalu lumatkan, hingga benar2 lumat.

3. Kemudian masukan susu, mentega, garam dan merica, lalu aduk hingga benar2 rata.

4. Kemudian, masukan sayuran yang telah direbus tadi, dan aduk kembali hingga benar2 bercampur rata dengan kentangnya.

5. Selesai dan siap disajikan.

Ini fotonya… jadinya lebih dari segini kok… bisa untuk 3 – 4 porsi… sesuai kapasitas perut masing2 lah… :mrgreen:

mashed-potatoes

mashed-potatoes


Selamat Mencoba dan Selamat Menikmati… :mrgreen:

13 thoughts on “Masak, mari memasak…

  1. @ shiro : kok smashed sih? dilempar dong? hahaha…
    @ life choice : yah… lumayan lah :mrgreen:
    @ Boin : Hiduuupp!!! gw juga suka benget makan kentang 😀
    @ Bunda : Yuk… siapin aja bahan2nya bun… :mrgreen:
    @ Falla : Kapan2 deh ya… hihihihi…
    @ Produk perlebahan : Silahkan… 🙂
    @ kang achoey : hayuu… 🙂
    @ Komuter : beli dong!! 😀 *kidding*
    @ ikachu : ah, masa??? ini gampang kok… pasti bisa deh! ga terima delivery service… :mrgreen:
    @ reallylife : bundanya siapa??

Leave a comment